INFO : 21-03-2013 Acara Maulid Yang Diselenggaran Oleh Himako Bertempat Di Aula Fisipol Unimal
Home » , » Kenapa Saya Memilih Ilmu Komunikasi

Kenapa Saya Memilih Ilmu Komunikasi

Written By Unknown on Kamis, 28 Februari 2013 | 20.17


        Secara harfiah, ilmu komunikasi adalah ilmu yang mempelajari cara-cara untuk mentransfer ide atau gagasan dari satu individu ataupun kelompok ke individu dan kelompok yang lain. Proses transfer itu sendiri bisa melalui media tertulis, lisan, maupun media-media yang lain. Dengan semakin majunya taraf kehidupan manusia, kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik mutlak dibutuhkan dalam segala bidang. Hampir tidak ada aspek kehidupan yang bisa lepas dari komunikasi, mulai dari bisnis sampai organisasi semuanya memerlukan komunikasi yang efektif agar tercapai tujuan yang telah dicita-citakan

Saya adalah salah satu dari sekian banyak siswa SMA atau sederajat lainnya yang memutuskan untuk pindah jurusan dari Ilmu Pengetahuan Alam ke prodi Sosial , dalam hal ini Ilmu Komunikasi.  Ada beberapa alasan utama kenapa saya memilih program studi Ilmu Komunikasi di Universitas Malikussaleh, salah satunya adalah karena program studi Ilmu Komunikasi di Universitas Malikussaleh merupakan salah satu yang terbaik di Aceh. Salah satu yang melatar belakangi saya memutuskan untuk beralih ke bidang non-eksakta adalah kejenuhan saya dalam bidang eksakta  yang cenderung terlalu banyak mata kuliah yang mengharuskan untuk menghitung, sementara saya bukanlah siswa yang gemar untuk berlama-lama berkutat dengan angka.

Sebelum memutuskan untuk melanjutkan studi di Ilmu Komunikasi Universitas Malikussaleh, saya menempuh sekolah kejuruan dalam bidang IT di SMK 1 Lhokseumawe.  Bayak hal yang membuat saya berubah pikiran untuk memutuskan beralih jurusan dari IT ke Ilmu Komunikasi, yang benar-benar berseberangan. Pertama karna memang minat saya dibidang menulis , desain grafis, dan bidang media. Serta, karena di jurusan ini saya merasa lebih bisa mengembangkan bakat dan karir saya. 

Memilih jurusan komunikasi adalah sebuah langkah besar bagi saya.  Namun, pilihan yang sudah saya tentukan itu berdasarkan motivasi dari orang tua dan teman-teman yang menilai saya cakap dalam hal berkomunikasi terlebih apabila berkomunikasi dalam forum dan juga organisasi.

Terlepas dari aspek tersebut,hal lain yang membuat saya semakin tertarik dengan jurusan ini adalah program studi Ilmu Komunikasi menjanjikan lapangan pekerjaan yang sangat luas. Ada  berbagai macam bidang karir bagi lulusan  Ilmu Komunikasi yaitu :  Komunikasi Massa (radio, TV, koran), Produser Acara, Programmer, Reporter, Script Writer, Manager Media, Public Relation, Business Communication, Marketing/AE, Negotiator, Perencana Periklanan, Komunikasi Visual, Desainer Grafis, Desainer Web, Animator, Ilustrator, Konsultan Komunikasi, Event Organizer, Copy Writer, Akademisi, Analis Media, Fotografer, Juru Kamera, Ilustrator, Trainner, Kolumnis, Desainer, Grafika, Editor, Penyuluh, Juru Kampanye, dan lain-lain.
  
Jadi , beberapa alasan utama saya memilih jurusan komunikasi adalah kejenuhan saya dibidang eksakta, pada jurusan ini saya merasa lebih bisa mengembangkan bakat dan karir saya, terlebih masih tersedianya banyak lapangan pekerjaan dalam bidang ini seiring berkembangnya jaman yang menuntut kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik mutlak dibutuhkan dalam segala bidang.

Penulis : Zulkhairi ( 110240066 )
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Kebindo Time's | Zulkhairi | Modif Template
Copyright © 2011. Himako-Unimal - All Rights Reserved
Template Modify by Zulkhairi
Proudly powered by Blogger