INFO : 21-03-2013 Acara Maulid Yang Diselenggaran Oleh Himako Bertempat Di Aula Fisipol Unimal
Home » , » Program Studi Ilmu Komunikasi

Program Studi Ilmu Komunikasi

Written By Unknown on Kamis, 28 Februari 2013 | 19.51


PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI

Setelah Universitas Malikussaleh menjadi universitas negeri tahun 2001, usaha-usaha untuk meningkatkan kualitas program studi terus dilakukan dengan menambah 4 (empat) program studi baru dibawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Program Studi Ilmu Komunikasi salah satu diantaranya berdasarkan surat persetujuan Dirjen Dikti No.2289/D/T/2003 tanggal 5 September 2003 .
Ilmu Komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tentang pernyataan manusia. Adapun objek yang dipelajari dalam ilmu komunikasi diantaranya adalah proses komunikasi antar manusia, komunikasi verbal maupun non verbal, komunikasi massa dan komunikasi politik. Lebih khusus lagi ilmu komunikasi juga mempelajari bidang penyiaran radio dan televisi, pers, sinematografi, periklanan atau desain komunikasi visual.
Program Studi Ilmu Komunikasi didirikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang komunikasi di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Kurangnya sumber daya komunikasi sangat terasa setelah Aceh kembali didera konflik. Banyak isu-isu sosial berkembang menjadi bias karena lemahnya sensitifitas masyarakat dalam mencerna setiap informasi yang diterima.
Intinya setiap insan komunikasi harus mampu membaca dan menelaah arus informasi sebagai salah satu bentuk fenomena sosial.
TUJUAN PROGRAM STUDI
Pendidikan Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP bertujuan :
  1. Membentuk sarjana Ilmu Komunikasi yang memiliki keahlian dalam merangcang, melaksanakan dan mengevaluasi berbagai bentuk kegiatan dan sumber daya komunikasi di dalam dan di antara sistem sosial.
  2. Menghasilkan sarjana Ilmu Komunikasi yang memiliki pengetahuan dan kemampuan yang cukup untuk menganalisis dan memahami gejala komunikasi dalam masyarakat.
  3. Menghasilkan sarjana komunikasi yang profesional di bidang industri media, public relations dan periklanan di era globalisasi informasi saat ini.
SISTEM PENDIDIKAN
Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP menyelenggarakan program pendidikan sarjana dengan sistem kredit semester (SKS). Total beban mata kuliah 154 sks dan ditempuh selama 8 (delapan) semester.
Sistem perkuliahan dilangsungkan dengan metode ceramah, diskusi dan pekerjaan rumah. Pada masa akhir studi mahasiswa wajib mengikuti kuliah kerja profesi, seminar dan penyusunan skripsi dibawah bimbingan tim dosen. Sementara itu metode penilaian didasarkan pada kuantitas kehadiran, kualitas partisipasi diskusi kelas, kualitas tugas mandiri, kualitas ujian tengah dan akhir semester.
Disamping itu, Program Studi Ilmu Komunikasi juga menyelenggarakan kegiatan kuliah umum dengan mendatangkan guru besar dari universitas-universitas terkemuka seperti UNPAD Bandung, UI Jakarta, UGM Yogjakarta, UNDIP Semarang, USU Medan dan lain-lain.
KEUNGGULAN PROGRAM
  1. Lewat keunggulan kurikulum yang ditawarkan mendidik mahasiswa menjadi ahli di bidang komunikasi media cetak dan elektroknik, periklanan, public relations, jurnalis dll. Dalam proses kuliah diimbangi antara teori dan praktek lapangan kebeberapa lembaga media penyiaran tv, radio dan media cetak dengan tujuan untuk memenuhi tantangan dunia praktis di Indonesia .
  2. Bagi mahasiswa yang mempunyai prestasi cemerlang tersedia beasiswa penuh dari Universitas Malikussaleh lewat kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, Pemerintah Daerah NAD dan dari beberapa perusahaan provit di seputar kota Lhokseumawe.
  3. Bagi mahasiswa lulusan terbaik dipertimbangkan untuk dijadikan tenaga pengajar di Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UM dan akan mendapat kesempatan studi magister hingga program doktoral.
  4. Dosen tetap yang mengajar di Program Studi Ilmu Komunikasi rata-rata sedang dan sudah menyelesaikan program Magister (S2) Ilmu Komunikasi di berbagai universitas terkemuka, seperti UNPAD Bandung, UI Jakarta, UGM Yogjakarta. Disamping itu juga memiliki dosen-dosen tamu lainnya yang sudah bergelar profesor dan dosen luar biasa dari praktisi komunikasi.
FASILITAS
Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Malikussaleh memiliki beberapa fasilitas pendidikan antara lain :
1. Ruang Kuliah
2. Perpustakaan
3. Lab. Komputer
4. Lab. Bahasa Inggris
5. Lab. Siaran Radion (RASIUM FM)
6. Fasilitas Internet
PELUANG KERJA
Di luar negeri bidang komunikasi merupakan program studi unggulan karena peluang kerja di Industri media masih terbuka lebar. Sedangkan di Indonesia terutama kota-kota besar minat masyarakat kuliah di Program Studi Ilmu Komunikasi cukup besar karena lulusannya dapat bekerja di segala sektor baik pemerintah maupun swasta.
Dunia praktis ilmu komunikasi yang begitu luas sehingga banyak peluang kerja dapat diraih seperti di bidang penyiaran radio dan televisi, media cetak, rumah produksi sinetron/film, biro iklan, perusahaan telekomunikasi, konsultan public relation, pariwisata dan lain sebagainya.
Sementara bila ingin menjadi peneliti, peluang bagi peminat ilmu komunikasi masih terbuka lebar dengan berbagai fenomena sosial ditengah arus informasi.
STAF PENGAJAR
1. Deddy Satria M, S.Sos
2. Anismar, S.Ag., M.Si
3. Kamaruddin Hasan, S.Sos
4. Muhammad Ali, S.Ag
5. Muhammad Fazil, S.Ag
6. Muhammad Saman, S.Ag
7. M. Akmal, S.Sos. , MA
8. M. Nazaruddin, S.S., M.Si
9. Drs. Aiyub., M.Si
10. Muntasir, S.Ag. , MA
11. Zulham, BA. , MA
12. Nirzalin, S.Ag., M.Si
13. Ibrahim Chalid, S.Sos
14. Cut Sukmawati, SE
15. Yusrizal, SH
16. Naidi Faisal S.Ip
17. Shari Anita, S.Sos
Sumber : unimal.ac.id
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Kebindo Time's | Zulkhairi | Modif Template
Copyright © 2011. Himako-Unimal - All Rights Reserved
Template Modify by Zulkhairi
Proudly powered by Blogger